Sunday 31 January 2016

Teknologi dan Media dalam Pembelajaran

Istilah teknologi dan media sudah tidak asing bagi guru atau praktisi pendidikan. Walaupun begitu kadang masing kita temui kesalahan pemahaman mengenai teknologi dan media. Misalnya teknologi dianggap hanya berupa alat-alat canggih seperti televisi, hp atau internet. Untuk itu artikel ini akan mengulas secara singkat pengertian teknologi dan media dalam pembelajaran.

Teknologi berasal dari kata Yunani techne yang artinya kemampuan dan logia yang dapat diartikan sebagai ungkapan. Secara ringkas teknologi dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan pengetahuan dalam bentuk perkakas (alat) dan keterampilan (metode). Berdasarkan pengertian ini dapat dipahami bahwa teknologi tidak hanya alat-alat terbaru seperti internet melainkan semua alat atau keterampilan sebagai bentuk penerapan pengetahuan tertentu. 

Teknologi pembelajaran tidak harus berupa alat canggih

Adapun media berasal dari bahasa latin medium yang berarti antara atau perantara. Media dalam hal ini umumnya didefinisikan sebagai perantara dalam proses komunikasi. Media berperan sebagai pembawa informasi dari sumber menuju penerima informasi dalam peristiwa komunikasi.

Smaldino, Lowther dan Russel (2011) menyebutkan ada enam jenis media yaitu sebagai berikut:
  1. Teks, yaitu karakter alfanumerik yang digunakan untuk menyimbolkan suatu informasi tertentu dan ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti buku, poster, papan tulis, layar komputer dan lain sebagainya.
  2. Audio, adalah media yang berbasis pendengaran (suara). Suara tersebut bisa langsung diperdengarkan atau dengan direkam terlebih dahulu misalnya melaui radio dan MP3 player.
  3. Visual, adalah media melalui diagram atau gambar. Bentuk-bentuk perangkat yang tergolong ke dalam media visual antara lain poster, foto, gambar di papan tulis dan lain sebagainya.
  4. Video, adalah media yang menggunakan gambar bergerak sebagai pembawa informasi. Contoh media video adalah VCD, DVD, televisi, animasi komputer dan lain sebagainya.
  5. Perekayasa, adalah benda-benda tiga dimensi yang dapat disentuh digunakan untuk menyampaikan informasi biasanya berupa model atau benda nyata.
  6. Orang, dalam hal ini adalah orang yang memiliki informasi penting terkait subyek yang dibahas. Misalnya adalah guru dan ahli.
Teknologi dan media memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Bahkan dapat dikatakan pembelajaran mustahil berlangsung tanpa adanya teknologi dan media. Yang perlu diperhatikan guru dengan seksama adalah memastikan kesesuai tujuan dan materi pembelajaran dengan teknologi dan media yang dipilih.  Dalam teori di atas, guru juga dimasukkan ke dalam salah satu bentuk media.


Buku Rujukan:
Smaldino, Sharon E. Lowther, Deborah L. Russel, james D. 2011. Instructional Technology & Media for Learning. Edisi Sembilan. Terj. Arif Rahman. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

No comments:

Post a Comment