Sunday 12 May 2019

Keterampilan Abad 21

Abad 21 telah membawa begitu bayak perubahan dalam kehidupan kita. Jika dulu orang-orang harus menunggu lama untuk mengetahui berbagai informasi dari tempat-tempat lain, saat ini informasi dapat diketahui dalam hitungan jam bahkan menit setelah kejadian. Para pelajar harus mengunjungi perguruan tinggi di kota-kota besar untuk meminjam buku tertentu, saat ini internet dapat memudahkan mereka memperoleh berbagai literatur dengan cepat. Jual beli pun dapat dilakukan di internet.

Perubahan besar di abad 21 menuntut keterampilan yang berbeda dengan zaman-zaman sebelumnya. Jika tenaga kasar dulunya masih sangat dibutuhkan, maka saat ini pikiranlah yang dibutuhkan. karena tenaga telah banyak digantikan oleh mesin dan robot. Keterampilan menggunakan dan memanipulasi media dan teknologi juga menjadi sangat krusial.


Pendidikan harus dapat mengantisipasi perubahan. Dia tidak boleh stagnan. Para siswa menunggu untuk proses belajar yang dapat menyiapkan mereka menghadapi masa depan yang mungkin akan semakin banyak berubah dan lebih cepat.

Slavin (2018) menyebutkan ada 4 kelompok keterampilan utama dalam menghadapi abad 21 yang harus diajarkan oleh sekolah kepada para siswa, yaitu:
  1. Penguasaan bidang-bidang inti (core subjects) seperti bahasa, matematika, sains, wawasan global dan keterampilan finansial.
  2. Keterampilan untuk belajar dan berinovasi (learning and innovation skills) yang meliputi kreativitas, berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah.
  3. Keterampilan di bidang teknologi, media dan informasi (information, media and technology skills)
  4. Keterampilan di bidang karir dan kehidupan (life and career skills
Keterampilan-keterampilan abad 21 tersebut dapat diajarkan melalui aktivitas dan pengalaman nyata di kelas dan sekolah (contoh-contohnya silahkan lihat atau download disini). Banyak hal yang dapat guru lakukan dan rancang sesuai dengan karakter siswa dan lingkungannya.

Daftar Rujukan:

Slavin, Robert E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice. Twelfth edition. New York: Pearson.

https://pixabay.com

No comments:

Post a Comment