Thursday 16 May 2019

Integrasi Teknologi dan Konten Pembelajaran

Abad modern dikenal juga sebagai abad ilmu pengetahuan dan teknologi. Permulaan abad 21 semakin menunjukkan bahwa kehidupan manusia benar-benar akan lengket dan menyatu dengan penggunaan teknologi. Banyak hal mustahil yang dapat kita temui melalui perkembangan teknologi canggih di abad ini.

Dunia pendidikan pun tak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi. Kemudahan-kemudahan belajar di kelas, bahkan dengan munculnya kelas di dunia maya (on line classroom) tidak lagi menjadi sesuatu yang asing. Anak-anak begitu cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi, dan demikian juga seharusnya para guru. 


Ada dua jenis teknologi. Pertama adalah teknologi perangkat keras yang berupa berbagai perangkat atau alat buatan manusia yang dapat membantu atau memudahkan kehidupan manusia. semua alat di sekitarmu adalah teknologi, mulai dari hanya sekedar meja, kursi, pisau hingga yang canggih seperti mobil, traktor, robot dan pesawat. Kedua adalah teknologi komunikasi dan informasi yang berupa berbagai peralatan yang membantu manusia untuk berkomunikasi dan mengakses informasi seperti televisi, telpon, komputer dan android, dengan kemampuan untuk mengases internet.

ICT atau teknologi komunikasi dan informasi mengalami puncak perkembangannya di abad 21 ini. Dalam dunia pendidikan, ICT yang digunakan biasanya adalah berupa:
  1. Hardware seperti papan interaktif, komputer dan printer.
  2. Portable mobile divice, seperti smartphone, laptop, tablet dan kamera digital.
  3. Software seperti microsoft word, excel, editor foto dan video dan simulasi komputer.
  4. Aplikasi internet seperti blog, wiki, cloud computing, search engine (seperti google), dan video streaming.
Seringkali teknologi yang diserahkan kepada sekolah melalui bantuan pemerintah atau pihak swasta tidak dapat digunakan oleh para guru karena keterbatasan skil. Di sinilah dibutuhkan semanga untuk terus belajar. Setelah mampu menggunakannya, para guru juga harus memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai teknologi tersebut ke dalam pembelajaran. Pengetahuan untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif ke dalam pembelajaran disebut dengan technological pedagogical content knowledge (TPCK).

Setiap mata pelajaran memiliki karakternya sendiri sehingga bagaimana untuk mengintegrasikan teknologi ke dalamnya juga berbeda. Menggunakan teknologi secara sembarang tanpa pertimbangan dan perencanaan yang tepat justru akan membuat pelajaran terhambat.

Untuk mengetahui aspek-aspek dalam TPCK silahkan baca atau unduh disini.

Daftar Rujukan:

Johnson, Nicola F. (2016). Teaching with Information and Communication Technologies. Dalam Teaching Making a Difference. Milton Qld 4064: John Wiley & Sons

https://pixabay.com 

No comments:

Post a Comment