Monday 16 November 2015

Pengertian Belajar

Belajar dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan yang bersifat jngka panjang pada mental sebagai hasil dari pengalaman. Dalam pengertian tersebut kita dapat menguraikan belajar menjadi tiga karakter utama yaitu perubahan yang  berjangka panjang, artinya perubahan (positif) yang dialami bukan hanya perubahan sementara atau sekejab, untuk kemudian kembali seperti semula. Belajar memberikan hasil yang berjangka panjang.

(Sumber Gambar: http://www.ideaonline.co.id)

Karakter kedua belajar adalah perubahan yang terjadi pada dasarnya adalah perubahan mental. Kita ketahui bahwa berbagai kemampuan manusia baik yang terlihat (seperti keterampilan tertentu) ataupun tidak terlihat (seperti pengaturan emosi) bersumber dari bagian internal atau mental. Bagian internal ini adalah pengatur dan penentu kualitas kemanusiaan. 

Karakter yang ketiga adalah belajar dihasilkan dari pengalaman. Belajar bukan perubahan karena obat-obatan atau perubahan alami karena karena kematangan biologis belaka. Pada karakter ketiga ini kita menjadi mengerti bahwa belajar menuntut keaktifan. Terdapat beberapa ahli yang menyatakan bahwa belajar harus berdasarkan kesadaran dan diinginkan. 

Seorang anak yang belajar mati-matian untuk mengikuti ujian tentu tidak ada yang meragukan usaha kerasnya. Namun jika apa yang dipelajari hanya bertahan sampai ujian, untuk kemudian beberapa hari kemudian dilupakan apakah benar-benar dapat disebut belajar? Secara sederhana jika kita mengacu pada karakter pertama (bersifat jangka panjang) tentu anak tersebut tidak dapat dikatakan benar-benar belajar. Namun jika dibahas lebih mendalam berdasarkan hasil-hasil temuan ahli psikologi dan neurosains ternyata tidak semudah itu.

Belajar adalah aktivitas yang teramat penting bagi manusia. Berbagai teori dikembangkan sebenarnya semata-mata berdasarkan satu maksud utama yaitu untuk membantu manusia agar dapat belajar dengan lebih baik. Terutama para guru, yang tugasnya adalah mengajar siswa, sambil juga belajar mengembangkan kualitas dirinya.

Sumber Rujukan

Ormrod, Jeanne Ellis. 2012. Human Learning. Edisi enam. New Jersey: Pearson

No comments:

Post a Comment