Thursday, 29 September 2016

Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi

Pada artikel sebelumnya mengenai asesmen formatif dan sumatif kita sempat menyebutkan istilah tes dan evaluasi selain asesmen itu sendiri. Ketiga istilah ini sering kali dicampur aduk dan disamakan. Padahal sebenarnya tidaklah demikian, ketiganya memiliki arti yang berbeda sehingga pelaksanaannya pun berbeda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan ketiganya.

Asesmen adalah proses (berbagai prosedur) untuk memperoleh informasi mengenai kondisi atau hasil belajar belajar siswa. Hasil dari asesmen adalah nilai dan deskripsi mengenai hasil belajar siswa hingga suatu tahap tertentu. Untuk melakukan asesmen kita membutuhkan tes yaitu instrumen atau prosedur yang sistematis untuk mengukur perilaku/keterampilan/kognisi (sebagai sampel dari hasil belajar) dengan memberikan beberapa pertanyaan. Hasil dari tes adalah angka-angka mentah (skor) yang nantinya akan dikonversi menjadi nilai.

Asesmen dapat dilakukan dengan menggunakan tes, namun ada kalanya juga menggunakan prosedur atau instrumen non tes seperti observasi, wawancara atau lembar cheklist. Apakah menggunakan tes atau non tes, bergantung pada aspek apa yang akan diukur dan dinilai. Hal ini berkaitan dengan tujuan pembelajaran serta strategi yang digunakan.

Hasil dari asesmen pada akhirnya akan menjadi dasar dari suatu proses evaluasi yaitu suatu pengambilan keputusan mengenai ketercapaian tujuan-tujuan dari suatu program pembelajaran. Hasil dari evaluasi adalah keputusan apakah tujuan program sudah tercapai atau belum, dan juga rekomendasi terkait dengan kelanjutan program ke depan. Apakah program layak untuk dilanjutkan, diperbaiki atau bahkan dihentikan dengan berbagai pertimbangan yang jelas. 

Posisi tes, asesmen dan evaluasi berdasar keluasan hasilnya

Asesmen, tes dan evalusi memang memiliki keterkaitan dalam proses pelaksanaannya.  Namun ketiganya bukanlah hal yang sama. 


Referensi:
Miller, M. David., Linn, Robert L., Gronlund, Norman E. (2009) Measurement and Assessment in Teaching. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.

3 comments:

  1. Apabila anda punya masalah/bingung tentang pelajaran yang ada di sekolah, Tenang saja saya punya solusinya . kunjungi >> https://ulasanpena.wordpress.com << mengupas habis tentang semua mapel yang sesuai dengan metode pembelajaran yang ada di sekolah anda semua. jadi tunggu apalagi ?? segera kunjungi dan nikmati.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas materi pelajaran yang telah di bagikan..
    Sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. terima kasih..tiga istilah tersebut memang sekilas dan selama ini sering dimaknai sama/ serupa. Memang ketiganya sering saling terkait, walau ternyata punya makna & fungsi yang berbeda..

    ReplyDelete