Thursday 8 September 2016

Membimbing Siswa Belajar dengan Internet

Teknologi informasi telah demikian berkembang. Tidak hanya orang dewasa, teknologi internet telah merambah kehidupan anak-anak, bahkan anak kecil. Tanpa diminta oleh guru atau orang tua, anak-anak dengan cepat beradaptasi dan belajar menggunakan internet. Oleh karena itu tidak tepat rasanya apabila guru-guru masih berpandangan internet negatif dan harus dihindari dalam pembelajaran. Justru dengan bimbingan guru para siswa bisa memperoleh pengalaman positif dengan internet.


Bagaimana cara guru untuk menjaga agar siswa menggunakan internet dengan aman? Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat belajar dengan bantuan internet secara aman.
  1. Guru terlibat ketika menggunakan internet. Misalnya guru membentuk grup facebook belajar dengan para siswa di mata pelajaran tertentu. Komunikasi yang lebih nyantai perlu dibangun agar komunikasi melalui grup tersebut berjalan lancar. 
  2. Cari sumber-sumber belajar di internet yang menyenangkan, baik berupa artikel ataupun video. Rasa bosan menjadi penyebab utama siswa tidak tertarik untuk mengikuti sajian belajar melalui internet oleh guru mereka. Sebenarnya di internet (misalnya YouTobe) banyak pihak yang secara kreatif menyediakan sumber belajar yang menyenangkan bagi anak. Guru harus berusaha untuk menemukan link-link tersebut. Bisa dengan mencari sendiri atau meminta bantuan guru lain yang lebih akrab dengan internet.
  3. Carilah ajang-ajang kompetisi yang dapat diikuti oleh siswa atau bersama guru di situs tertentu. Pengalaman positif seperti itu akan memberi pengalaman positif yang tak terlupakan bagi siswa.
  4. Guru memberi contoh bagaimana berkreasi dengan menggunakan internet. Misalnya dengan membuat blog atau web pembelajaran atau pengetahuan umum yang menarik. Anak-anak biasanya mudah merasa kagum pada guru yang kreatif menggunakan teknologi. Ketika mereka sudah memiliki perasaan seperti itu maka anda akan lebih mudah untuk mengarahkan bagaimana mengguanakn internet secara bijak.
Satu syarat yang harus dimiliki guru agar dapat menerapkan langkah-langkah di atas, yaitu kemampuan yang cukup dapat menggunakan atau berkreasi di ineternet. Kelemahan guru-guru yang sudah senior adalah banyak yang penguasaan internetnya justru jauh tertinggal dibandingkan siswa.


Referensi:
https://elearningindustry.com/the-teacher-guide-to-keeping-students-safe-online

Ilustrasi:
https://pixabay.com

No comments:

Post a Comment