Wednesday 3 May 2017

Laut dan Pesisir dalam Tinjauan Fisika

Ini merupakan judul buku yang membahas bagaimana jika laut dan pesisir dikaji dari sudut pandang fisika. Beberapa buku yang pernah anda baca mengenai laut dan pesisir mungkin lebih cenderung membahasnya dari sudut pandang ekologi (lingkungan) dan biologinya. Buku ini berbeda karena kajian fisika di dalamnya mengarahkan kita untuk memahami proses-proses fisik yang terjadi di laut dan pesisir secara lebih ilmiah.


Jangan bayangkan bahwa buku ini berisi rumus-rumus fisika yang rumit dan membuat pusing kepala. Tidak! Buku ini ditulis agar dapat dibaca oleh banyak pihak, bahkan termasuk mereka yang mungkin sangat sedikit kenal dengan fisika (misalnya hanya di bangku sekolah, itu pun dengan nilai fisika yang tidak meyakinkan hehe). Namun informasi-informasi yang disajikan cukup membuat kita mengerti bagaimana proses fisika yang berlangsung di laut serta pesisir, Misalnya tentang mengapa air laut itu asin, mengapa muncul ombak, dan bagaimana manusia memanfaatkan air laut. 

Buku laut dan pesisir dalam tinjauan fisika ini ditulis oleh tiga orang dosen. Yang pertama adalah Habibi yang merupakan dosen Universitas Wiraraja Sumenep. Lingkungan pesisir di Sumenep menginspirasinya untuk menulis buku ini. Yang kedua adalah Panji Hidayat dosen Universitas Ahmad Dahlan. Dan yang ketiga adalah Jumadi, guru besar pendidikan fisika di Universitas Negeri Yogyakarta. 

Buku ini sangat ringan (yaitu dengan jumlah halaman 150 halaman) membuatnya cukup enak dibaca, walaupun informasi di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Cocok bagi para siswa, mahasiswa di jurusan-jurusan IPA atau pendidikan IPA yang ingin menambah wawasan dan referensi.

Bagi yang berminat untuk membeli buku ini dapat melakukan pemesanan melalui sms atau whatsapp dengan nomor 08175063842.


Referensi:
Habibi. Hidayat, P. Jumadi. 2016. Laut dan Pesisir dalam Tinjauan Fisika. Yogyakarta: Bening Pustaka

No comments:

Post a Comment