Thursday 27 February 2020

"Active Learning" menurut Bruner

Bruner merupakan salah satu ilmuwan pendidikan yang berperan penting dalam menyebarkan dan mengembangkan teori belajar konstruktivis (yang berpandangan bahwa pengetahuan dan pemahaman tidak diberikan oleh guru tetapi dikonstruk oleh masing-masing individu). Dua ilmuwan yang lebih senior yang menjadi tokoh utama dari aliran konstruktivis adalah Jean Piaget dan Lev Vygotsky.

Melengkapi teori belajar konstruktivis yang telah dibangun oleh para pendahulunya, Bruner memberikan sumbangan penting berupa konsep active learning. Yaitu suatu konsep bahwa siswa akan dapat mengonstruk pemahaman dalam suatu proses yang bersifat aktif dan sosial. Bersifat aktif artinya mereka menggunakan prior knowledge secara sadar untuk mengonstruk pengetahuan dan pemahaman baru. Selain aktif memanfaatkan prior knowledge, siswa juga aktif berinteraksi dengan guru untuk mendapatkan bantuan kognitif (scaffolding). Interaksi dengan guru atau orang lain yang lebih tahu itulah yang disebut bruner dengan bersifat sosial.

Bantuan kognitif  diberikan oleh guru atau pembimbing melalui media bahasa atau alat komunikasi. Walaupun demikian proses integrasi pengetahuan baru ke dalam struktur skema (jaringan pengetahuan di dalam pikiran siswa) hanya dapat dilakukan oleh siswa itu sendiri.


Berdasarkan konsep tentang belajar aktif inilah Bruner menyarankan kepada para guru untuk menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang membuat siswa secara aktif menggunakan pengetahuan awal mereka untuk mengonstruk pengetahuan baru seperti memecahkan suatu masalah dan diskusi. Untuk itu guru perlu mengetahui prior knowledge siswa mengenai materi yang akan diajarkan.

Referensi:
Pritchard, A. & Woollard, J. (2010) Psychology for the classroom: constructivism and social learning. New York: Routledge

Gambar:
http://pixabay.com

No comments:

Post a Comment