Saturday 13 January 2018

Pendidikan Anak menurut Friedrich Froebel

Nama Froebel sangat dikenal di kalangan para pendidik, terutama di tingkat prasekolah. Ia disebut sebagai bapak pendidikan anak atau bapak taman kanak-kanak (kindergarten). Frobel lahir di Jerman, hidup dari tahun 1782-1852. Masa kecilnya yang sulit membuatnya sangat peka terhadap penderitaan yang dialami anak-anak.

Di masa Froebel, pendidikan anak menerapkan pendisiplinan yang ketat. Pembelajaran dilakukan terutama dengan menghafal dan memahami isi buku-buku. Anak mulai memasuki sekolah pada usia tujuh tahun.

Konsep pendidikan yang sangat mempengaruhi Froebel adalah konsep pendidikan dari Pestalozzi yang dipelajarinya saat di perguruan tinggi, kemudian diperkuat ketika ia sempat mengajar di sekolah yang menerapkan konsep Pestalozzi. Konsep tersebut lebih mengutamakan pembelajaran aktif dan kooperatif pada siswa. Selain itu pembelajaran dirancang seperti layaknya interaksi antara orang tua dan anak-anaknya yang penuh kasih sayang. Sangat berbeda dengan praktik pendidikan anak saat itu.

Dalam konsep Pestalozzi dan Froebel, pendidikan bagi anak harus disesuaikan dengan kodrat alami mereka. Jangan melalui proses paksaan. Anak-anak memiliki potensi sejak lahir yang harus dituntun untuk dapat berkembang  penuh.


Froebel akhirnya mendirikan sekolahnya sendiri. Ketika ia menyadari bahwa anak-anak usia tujuh tahun yang baru masuk ternyata kesulitan untuk mengikuti pelajaran, maka mulai Froebel mendirikan pendidikan untuk anak-anak prasekolah, mulai dari usia tiga tahun. Kindergarten pertama didirikannya pada tahun 1840, dengan prinsip dasar belajar melalui permainan dan aktivitas yang menyenangkan. Tidak lama setelah itu model pendidikan kindergarten Froebel terkenal sehingga banyak lembaga sejenis yang didirikan.

Hingga kematiannya, Froebel masih banyak mengembangkan bahan-bahan pembelajaran untuk kindergarten seperti balok susun dan nyanyian-nyanyian anak untuk belajar konsep tertentu. Kini pendidikan prasekolah telah berkembang dan tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pustaka:

Hewes, D.W. (2007). Froebel, Friedrich. Early Childhood Education, an International Encyclopedia. London: Praeger.

No comments:

Post a Comment