Friday 2 February 2018

Diet Informasi dalam Pendidikan Perspektif Ki Hadjar


Di dunia kita saat ini pengetahuan begitu cepat tumbuh dan tersebar. Kalau anda hendak mengetahui sesuatu, tak perlulah repot-repot. Melalui android di genggaman, berbagai jenis informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Mesin pencari informasi Google seolah tahu segalanya (karenanya disebut mbah) dan dia tidak pelit. Berbagai media lain seperti televisi, aplikasi berbasis jejaring sosial dan youtube, juga turut meramaikan arus informasi di dunia kita saat ini. 

Begitu mudah dan melimpahnya informasi tidak lantas membuat kehidupan menjadi lebih baik. Kita menjadi lebih banyak disibukkan dengan informasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan, mulai dari hiburan, gosip, iklan produk hingga informasi palsu (alias hoax) dan kalimat-kalimat penyebar kebencian. Timbunan informasi justru tidak membuat kita bertambah pengetahuan atau menjadi bijak. Sebaliknya, pikiran dan waktu kita lebih banyak mengkonsumsi informasi sampah. Akibatnya, kita menjadi obesitas informasi. 

Saat ini telah banyak ahli, misalnya Tim Ferriss penulis kenamaan lulusan Princeton University, yang menyarankan untuk melakukan diet informasi. Seperti halnya makanan bagi tubuh, informasi juga tidak boleh berlebihan memasuki otak kita. Berbagai informasi sampah yang memasuki otak hanya akan diam tidak berguna, membuat kita mengalami obesitas. Seperti halnya makanan sampah yang menimbulkan efek adiksi, informasi sampah juga membuat kita kecanduan. 

Di sini kita tidak akan membahas mengenai bagaimana cara diet informasi menurut Tim Ferriss atau penulis dan para ahli yang lain. Berhubungan dengan pendidikan, kita akan flashback mengulas pandangan Bapak Pendidikan Ki Hadjar yang sejak awal telah mewanti-wanti tentang bahaya dari sikap mendewa-dewakan pikiran dan pengetahuan (yang beliau sebut dengan istilah intelektualisme).

Sejak awal pembangunan pondasi pendidikan nasional, Ki Hadjar telah menentang sikap yang menempatkan pikiran, intelektual dan pengetahuan sebagai puncak dari tujuan pendidikan. Walaupun intelektual dan pengetahuan itu penting, namun beliau hanya menempatkan pendidikan intelektual dan keterampilan sebagai bagian dari pendidikan budi pekerti. Karena budi pekerti itulah yang akan membawa manusia pada keselamatan dan kebahagiaan berjangka panjang. 

Ki Hadjar memaknai budi pekerti sebagai persatuan gerak pikiran, perasaan dan kemauan (cipta, rasa dan karsa) dalam wujud karakter atau watak manusia. Dengan budi pekerti manusia dapat menjadi pribadi yang merdeka, yaitu yang mampu mengatur dirinya sendiri hingga dapat berperan di masyarakat (beradab). Pendidikan yang hanya mengutamakan pengetahuan intelektual menurut ki hadjar hanya akan menghasilkan kemurkaan diri (individualisme) dan kemurkaan benda (materialisme). Hal ini bertentangan dengan sifat pendidikan bangsa kita yang menjunjung keluhuran budi.

Untuk itulah pendidikan harus dilakukan secara lebih utuh. Tidak hanya berupa transfer informasi dan pengetahuan belaka. Anak-anak harus diperkaya dengan pengalaman lahir (nglakoni) dan pengalaman batin (ngrasa). Bahkan, pendidikan intelektual pada usia awal (dini) menurut Ki Hadjar sebaiknya sedikit saja diberikan. Anak-anak pada masa awal harus dikuatkan batinnya melalui latihan indera dan aktivitas yang menyenangkan seperti permainan dengan gerak aktif, cerita dan nyanyian. Para guru dan orang tua menuntun dengan penuh kasih sayang.

Di masa sekarang, ketika anak-anak telah dibebaskan untuk menggunakan gadget maka mereka akan cenderung kurang aktivitas dan menutup diri. Perkembangan yang dialami hanyalah kognitif. Untuk itu, diet informasi harus dilakukan sejak awal dengan menentukan masa yang tepat, kapan anak-anak diberi kebebasan untuk menggunakan gadget. Sejak dini anak-anak harus memiliki pengalaman tentang perasaan senang ketika belajar berbagai hal secara aktif di alam nyata.

Ketika anak-anak telah semakin besar, Ki Hadjar menyarankan agar pengetahuan dan keterampilan tidak hanya diajarkan secara tekstual tetapi lebih banyak dengan pengalaman nyata seperti eksperimen dan dialog. Selain ilmu pengetahuan, mereka juga diajari nilai-nilai luhur dan keindahan melalui agama, seni dan ilmu adab. Sekali lagi, pengalaman lahir (nglakoni) dan pengalaman batin (ngrasa) menjadi metode utamanya. 

Dengan demikian, anak-anak akan terbiasa untuk menggunakan dan mengkonsumsi informasi secara sehat. Belajar adalah persiapan hidup secara nyata, bukan hanya menumpuk informasi di dalam pikiran atau hidup di alam maya. 

Referensi:
Dewantara, Ki Hadjar. (2004). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa

Gambar:
https://pixabay.com

No comments:

Post a Comment