Wednesday 27 September 2017

Menggunakan Grup Facebook untuk Dialog Mahasiswa

Facebook adalah situs jejaring sosial  yang telah dikenal oleh hampir semua orang. Penciptanya adalah Mark Zuckerberg seorang lulusan Harvard University. Media ini sebenarnya berfungsi untuk menjalin komunikasi antar orang-orang yang mungkin sulit untuk bertemu secara langsung, baik secara pribadi maupun secara berkelompok. Kemampuannya mengunggah foto dan video membuat facebook begitu disenangi terutama oleh kaum muda.

Rasanya tidak ada mahasiswa yang saat ini tidak memiliki akun facebook (fb). Tidak hanya menjadi media komunikasi, fb seolah telah menjadi sebuah label bahwa seseorang telah mengikuti perkembangan jaman. Banyak kita lihat penggunaan fb secara negatif misalnya untuk penghinaan, pornografi, media kampanye hitam dan juga sekedar meluapkan emosi. Karena itu di kalangan pendidik fb dianggap kurang bermanfaat.


Beberapa dampak negatif fb sebenarnya tidak lantas membuatnya menjadi pelaku kejahatan. Fb tetap hanya merupakan media yang bergantung pada pengguna. Bahkan, jika kita melihat bagaimana populernya fb seharusnya menjadi suatu peluang untuk memanfaatkannya sebagai media pendidikan. salah satunya seperti yang dilakukan oleh Habibi (2015) yang menggunakan fb sebagai media komunikasi mahasiswa dalam suatu mata kuliah namun bisa berlangsung kapanpun.

Dialog mahasiswa yang biasanya tidak banyak mendapat partisipasi menjadi berubah ketika menggunakan grup di fb. Dalam penelitian tersebut tidak hanya partisipasi mahasiswa yang meningkat tetapi juga efikasi diri mahasiswa untuk melakukan dialog. Suasana informal dalam ruang yang telah populer digunakan tampaknya membuat tekanan yang muncul ketika dialog formal menjadi turun. Mahasiswa lebih percaya diri untuk mengungkapkan pikiran mereka. Mereka juga tidak dibatasi waktu.

Strategi ini tampaknya dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membangun pembelajaran tanpa tekanan. 

Hasil penelitian mengenai pemanfaatan facebook dan pengaruhnya terhadap efikasi diri dapat anda pelajari dan download di sini 
http://metastead.com/2g6L


Pustaka:
Habibi, H. (2015). IMPLEMENTASI POSITIVE REWARD DAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DIALOG MAHASISWA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA5(2).

No comments:

Post a Comment